Jangan Salah Langkah, Ini Tips Membeli Rumah Pertama

Rumah Halal Nusantara – Banyak orang berkeinginan membeli rumah. Alasannya tentu saja berbagai, mulai dari harga properti yang cenderung naik tiap waktu, investasi, sampai harapan untuk mempunyai hunian sendiri. Tapi sayangnya, beberapa orang justru tergesa-gesa dan lupa menentukan sebagian unsur yang harus dilihat ketika membeli rumah. Khususnya mereka yang baru pertama kali membeli hunian.

Berbeda dengan tipe properti lainnya, rumah mempunyai sebagian pertimbangan yang seharusnya diamati, seperti diinfokan dari CNBC, antara lain:

1. Kesanggupan keuangan

Sebelum memutuskan untuk membeli rumah, ada bagusnya memppertimbangkan kesanggupan finansial Anda. Kecuali itu jangan lupa memilih rumah yang cocok dengan keadaan keuangan, seperti lokasi, jenis rumah, dan lain-lain. “Berapa banyak penghasilan Anda, berapa banyak Anda menabung, atau, kalau Anda tak menabung, berapa banyak yang sesungguhnya Anda belanjakan tiap bulan,” kata perencana keuangan Personal Capital Michelle Brownstein. Menurutnya, kalau Anda tak tahu ke mana uang Anda pergi tiap bulannya, karenanya pertimbangkan kembali keputusan untuk membeli rumah.

2. Pertimbangkan kesanggupan

Kalau Anda membeli rumah secara kredit, janga hingga angsurannya membebani pengeluaran bulanan. Idealnya, angsuran rumah tak melebihi 28 persen dari pendapatan dekil Anda. Kecuali itu perlu diingat, ketika menghitung kesanggupan Anda, jangan memasukkan bonus akhir tahun atau bonus sasaran sebab kedua hal hal yang demikian bukan pemasukan pasti. Perlu diingat pembayaran bulanan rumah bukan cuma sekedar membayar angsuran. Ada banyak hal lain seperti listrik, air, asuransi, dan lainnya. “Anda tak mau menempatkan diri Anda dalam kondisi di mana Anda membeli rumah yang melebihi kesanggupan Anda,” ujar Brownstein.

3. Buat dana atau rekening darurat

Rekening darurat dapat menjado penyelamat kalau terjadi hal yang tak terduga. Untuk rumah, dana darurat yang Anda siapkan bisa menjadi penyelamat dikala rumah bocor, perlengkapan rusak, atau koreksi yang memerlukan dana lebih lainnya. Brownstein menganjurkan supaya pemilik rumah mempunyai dana darurat setidaknya sejumlah tiga sampai enam bulan tarif hidup sehari-hari. kalau mengambil rumah kredit, Anda juga seharusnya memperhitungkan tarif tambahan di dalamnya. Jangan abaikan tarif tambahan seperti tarif materai, tarif notaris, pajak properti, dan lain sebagainya.

4. Menentukan pengembang

Ada banyak kasus di mana konsumen dirugikan oleh pengembang yang tak bertanggung jawab. Jangan hingga Anda menjadi salah satunya. Sebelum menentukan untuk membeli rumah pertama, ada bagusnya mengecek status pengembang, rekam jejak, dan banyaknya proyek yang sudah mereka kerjakan. Sebaiknya pilihlah developer yang telah terpercaya dan sudah memiliki banyak pengalaman di bidang properti.

5. Mempertimbangkan lingkungan sekitar Lingkungan

sekitar rumah adalah salah satu hal yang perlu diamati. Anda tentu tak berharap membeli rumah yang berada di tempat yang jauh dari jalan besar, atau jalan masuk yang susah untuk bepergian. Jika Anda membeli rumah untuk ditempati, jangan lupa pertimbangkan pula fasilitas yang ada di sekitar lingkungan rumah, sepreti rumah sakit, sarana pengajaran, sampai supermarket atau toko untuk memenuhi keperluan sehari-hari.

Segera manfaatkan Promonya sebelum kehabisan , Untuk informasi lebih lengkapnya, Langsung saja klik tombol merah dibawah ini ⬇️⬇️⬇️

untuk info lengkap perumahan syariah silahkan bisa hub CS kami
-Bapak Iwan : 0896-7782-2788
– Bapak Solikul : 0895-8030-47927
atau WA klik saja

rumahcibubur ,rumahcibuburdijual, rumahcileungsi ,dijualrumahcibubur ,rumahsyariahbogor ,inforumahjakartaselatan ,jualrumahjakarta ,jualrumahbogor ,jualrumahbekasi ,rumah123 

 

                                                                                           sumber properti.kompas.com 

rumah-2-lantai


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *