Pahami Keutamaan Bulan Ramadhan agar Pahala Berlipat Ganda

Rumah Halal Nusantara – Sebagai seorang muslim, pasti sudah menjadi kesenangan ketika menyambut Bulan Ramadhan. Bulan Ramadhan ini adalah bulan yang penuh berkah yang tak hanya dinantikan namun juga dirindukan oleh umat muslim seluruh dunia.

Di Bulan Ramadhan, sebagai umat muslim dianjurkan untuk memberbanyak ibadah dan juga amalan-amalan yang sholih di bulan ini. Seperti i’tikaf. melaksanakan sholat terawih, memperbanyak membaca al-qur’an, memperbanyak dzikir, perbanyak sedekah, istighfar dan juga memperbanyak mengikuti kajian-kajian dakwah.

Bulan Ramadhan memiliki banyak keistimewaan yang membuat umat muslim senang dalam melaksanakan ibadahnya. Di Bulan Ramadhan ini juga dianjurkan untuk selalu berbuat baik, baik Hablum Minallah (hubungan manusia dengan Sang Pencipta), Hablum Minannas (hubungan antar individu) maupun Hablum Minal ‘Alam (hubungan manusia dengan alam).

Yuk, kita simak keutamaan apa saja di Bulan Ramadhan yang akan menjadikan ibadah menjadi lebih giat dan juga rajin.

1. Bulan Dimana Turunnya Al-Qur’an

Pahami Keutamaan Bulan Ramadhan agar Pahala Berlipat Ganda

Salah satu keutamaan di Bulan Ramadhan adalah bulan dimana diturunkannya Al-Quran. Seperti yang sudah pada Qur’an di Surat Al-Baqarah ayat 185.

Allah SWT berfirman, “Bulan Ramadhan adalah (bulan) yang didalamnya diturunkan Al-Qur’an, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang benar dan yang batil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu ada di bulan itu, maka berpuasalah. Dan barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (dia tidak berpuasa), maka (wajib menggantinya), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, agar kamu bersyukur”. (Q.S. Al-Baqarah: 185)

2. Bulan yang Penuh dengan Keberkahan

Keutamaan Bulan Ramadhan lainnya adalah bulan ini disebut dengan bulan yang penuh keberkahan. Yang artinya, ibadah yang dilakukan di Bulan Ramadhan ini akan dilipatgandakan untuk pahalanya.

“Sungguh telah datang kepada kalian bulan yang penuh berkah. Pada bulan ini diwajibkan puasa kepada kalian.” (HR. Ahmad, An-NasaI dan Al-Baihaqi).

3. Bulan yang Penuh dengan Pengampunan

Pahami Keutamaan Bulan Ramadhan agar Pahala Berlipat Ganda

Di Bulan Ramadhan ini adalah sebuah momen yang paling baik untuk penghapusan dosa-dosa atau bertaubat. Dengan berpuasa pada Bulan Ramadhan ini, akan bisa menghapus dosa-dosa yang telah kita lakukan.

Nabi SAW bersabda yang artinya: “Shalat lima waktu, Jumat ke Jumat dan Ramadhan ke Ramadan menghapuskan dosa-dosa di antara masa-masa itu selama dosa-dosa besar dijauhi.” (HR. Muslim)

4. Adanya Malam Lailatul Qadar

Pahami Keutamaan Bulan Ramadhan agar Pahala Berlipat Ganda

Malam Lailatul Qadar adalah satu malam yang penting dan hanya terjadi pada Bulan Ramadhan. Yang dalam Al-Qur’an sendiri adalah malam yang lebih baik dari seribu bulan.

“Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Quran) pada malam Qadar. Dan tahukah kamu apakah malam Qadar itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan.” (QS. Al-Qadar : 1-3)

Para ulama sendiri telah menetapkan, bila seorang muslim beramal shalih di malam Lailatul Qadar. Maka dia akan mendapatkan pahala seperti melakukannya dalam 1000 bulan.

5. Do’a yang Insya Allah Mustajabah

Pahami Keutamaan Bulan Ramadhan agar Pahala Berlipat Ganda

Keutamaan selanjutnya yang bisa didapatkan di Bulan Ramadhan adalah do’a yang dipanjatkan insya allah lebih mustajabah.

“Sesungguhnya Allah membebaskan beberapa orang dari apai neraka pada setiap hari di bulan Ramadan, dan setiap muslim apabila dia memanjatkan doa maka pasti dikabulkan.” (HR. al-Bazaar, dari Jabir bin Abdillah. Al-Haitsami dalam Majma Az Zawaid mengatakan bahwa perawi hadis ini tsiqah (terpercaya).

Oleh sebab itu, seorang muslim seorang muslim diharuskan untuk memperbanyak do’a di Bulan Ramadhan dan juga pada malam Lailatul Qadar. Pada malam ini telah disebutkan di QS. Al-Qadar ayat 4, para malaikat dan ruh turun di malam lailatul qadar untuk mengamini do’a umat islam yang dipanjatkan sepanjang malam itu hingga terbitnya fajar.

Nah, seperti itulah keutamaan yang hanya ada di Bulan Ramadhan. Semoga dengan mengetahui keutamaan yang ada di Bulan Ramadhan. Kita dapat dimudahkan dalam menjalankan ibadah puasa.

apa keutamaan bulan ramadhan, apakah keutamaan bulan ramadhan, artikel keutamaan bulan ramadhan, ayat tentang keutamaan bulan ramadhan, dalil keutamaan bulan ramadhan, dalil keutamaan membaca al quran di bulan ramadhan, keutamaan 10 hari bulan ramadhan, keutamaan al quran di bulan ramadhan, keutamaan baca al quran bulan ramadhan, keutamaan bersedekah di bulan ramadhan, keutamaan bulan puasa ramadhan, keutamaan bulan ramadhan dan amalannya, keutamaan bulan ramadhan dan dalilnya, keutamaan bulan ramadhan efektif, keutamaan istighfar di bulan ramadhan, keutamaan itikaf di bulan ramadhan, keutamaan membaca alquran di bulan ramadhan, tuliskan keutamaan bulan ramadhan,

Untuk info lengkap perumahan syariah silahkan bisa hub hotline kami

0812-3000-1704

Atau untuk WA klik :



rumah-2-lantai


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.