Pentingnya Puasa Arafah, Apa Saja yang Didapatkan Puasa Arafah?

Pentingnya Puasa Arafah, Apa Saja yang Didapatkan Puasa Arafah?

Rumah Halal Nusantara – Memasuki Bulan Dzulhijjah, pasti tidak asing lagi dengan yang namanya puasa arafah. Bulan Dzulhijjah sendiri adalah salah satu bulan yang penting bagi seluruh umat muslim. Jika 10 malam terakhir Bulan Ramadhan adalah malam terbaik sepanjang tahun, di Bulan Dzulhijjah hari baiknya adalah 10 hari pertamanya. 10 hari pertama mempunyai nilai, manfaat dan keberkahan yang ada disana.

Puasa arafah sendiri adalah amalan sunnah yang bisa dilaksanakan oleh umat muslim. Bagi orang-orang yang belum mampu menjalankan ibadah haji, mereka disunnahkan untuk melakukan puasa arafah. Apa saja keutamaan dari puasa arafah?

Pentingnya Puasa Arafah, Apa Saja yang Didapatkan Puasa Arafah?

Dari Abu Qotadah, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

صِيَامُ يَوْمِ عَرَفَةَ أَحْتَسِبُ عَلَى اللَّهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِى قَبْلَهُ وَالسَّنَةَ الَّتِى بَعْدَهُ وَصِيَامُ يَوْمِ عَاشُورَاءَ أَحْتَسِبُ عَلَى اللَّهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِى قَبْلَهُ

“Puasa Arafah (9 Dzulhijjah) dapat menghapuskan dosa setahun yang lalu dan setahun akan datang. Puasa Asyura (10 Muharram) akan menghapuskan dosa setahun yang lalu.” (HR. Muslim no. 1162)

  1. Seperti penjelasan di atas, puasa arafah dapat menghapuskan dosa setahun sebelumnya dan setahun berikutnya.
  2. Yang kedua, menurut hadits riwayat Abu Dawud. Allah SWT. menyukai amal shaleh yang dilakukan pada 10 hari pertama Bulan Dzulhijjah dan orang yang berangkat jihad dengan jiwa dan hartanya namun tidak ada yang kembali satupun. Dan puasa arafah pada tanggl 9 Dzulhijjah adalah salah satu amalan yang disukai oleh Allah SWT.
  3. Puasa arafah adalah amalan yang tidak pernah ditinggalkan oleh Nabi Muhammad. Rasulullah tidak pernah meninggalkan empat perkara, yakni puasa Asyura, Puasa Arafah, puasa tiga hari setiap bulan, dan Shalat dua rakaat sebelum subuh.

Itulah beberapa keutamaan dalam melaksanakan puasa arafah. Semoga membantu!

Dalam menjalankan perintah Allah SWT. pasti lebih mudah jika berada dilingkungan yang sevisi dan semisi. Tasnim Village adalah hunian yang cocok untuk anda dan keluarga. Dimana lingkungan yang sevisi dan semisi, yang akan mendukung anda dan keluarga dalam menjalankan ibadah bersama. Hunian Tasnim Village ini lokasinya strategis di Kota Bogor:

rumah syariah di bogor - tasnim village

– Berada tepat di samping Pesantren Miftahus Shudur
– Dekat dengan sarana pendidikan SD hingga SMA
– 15 menit menuju Kampus IPB Dramaga
– 20 menit menuju RS. Karya Bhakti Pertiwi dan RS Medika Dramaga
– 15 menit menuju pusat perbelanjaan tradisional Pasar Ciampea Indah
– 25 menit menuju pusat perbelanjaan modern Yogya dan Giant
– 30 menit menuju Terminal Laladon atau Bubulak

Dan ini untuk fasilitas yang disediakan di Tasnim Village:

rumah syariah di bogor - tasnim village

– Mushola
– Rumah Tahfidz
– Security 24 jam
– Taman Bermain
– Wifi

Skema pembayaran hunian ini 100% syariah, dimana akan memberikan keberkahan dan kenyamanan ketika dihuni. Yuk, segera booking unitnya sebelum kehabisan! Info lebih lanjut, hubungi nomor dibawah ini.

Untuk info lengkap perumahan syariah silahkan bisa hub hotline kami
0812-3000-1704
Atau untuk WA klik :



rumah-2-lantai


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.