Tips Beli Rumah Pertama Untuk Keluarga Muda

   

Rumah Halal Nusantara – Tips Beli Rumah Pertama Untuk Keluarga Muda
.
.
Meskipun telah mempunyai dana yang mencukupi, buktinya membeli rumah konsisten bukan perkara gampang. Mengapa seperti itu? Ya, mengingat rumah ialah pengeluaran yang besar dan juga aset investasi rentang panjang, kita nggak dapat sembarangan, dan seharusnya jeli dalam menentukan semua sesuatunya secara matang. Mulanya memang akan ‘ribet’ dan menyita waktu dalam membentuk perencanaan untuk membeli rumah, tapi percaya deh seluruh itu pasti akan terbayar ketika nantinya kau dan keluarga kecilmu kelak dapat tinggal di rumah yang selama ini diidam-idamkan, hehehe… Tetapi sebelum itu terjadi, kaprah-kaprah apa aja ya yang seharusnya dilihat sebelum membeli rumah?

 

Untuk menjawabnya, berikut kiat membeli rumah pertama bagi keluarga muda:

 

1. Rencanakan budget

beli rumah


Ya, hunian untuk semua member keluarga ini memang memerlukan dana yang tak sedikit. Oleh maka, kita perlu merencanakan terutama dulu budget ataupun batas kesanggupan bayar masing-masing. Hal ini dilaksanakan supaya keputusan membeli rumah tak membebani keadaan finansial untuk memenuhi keperluan pokok, ataupun keperluan lain yang sebelumnya telah ada. Sebagai info, bank umumnya mensyaratkan cicilan KPR per bulan optimal sebesar 30% penghasilan bersih pribadi ataupun gabungan antara suami dan istri. Ini dapat kau jadikan barometeruntuk batas kesanggupanbayarmu, dengan catatan kau ataupun pasangan tak mempunyai utang lainnya ya.

 

2. Kenali seluk beluk pembayaran rumah

beli rumah

 

Sesudah merencanakan budget untuk membeli rumah, berikutnya kau perlu mengenali seluk beluk pembayarannya. Hal ini menjadi penting, supaya kau mengerti akan tarif serta janji apa saja yang dibutuhkan dalam membeli rumah. Sebagai bukti keseriusan, terdapat 2 tipe tarif yang perlu dibayarkan, diantaranya:

– Booking fee – adalah pembayaran dalam wujud sejumlah uang sebagai janji mengorder unit properti tertentu. Untuk besaran biayanya, booking fee tak mempunyai barometer pasti, dan berbeda-beda di setiap tipe hunian ataupun pengembang properti.
– Uang Pertanda Jadi atau Down Payment (DP) – sama halnya dengan booking fee, DP adalah bentuk dari bukti keseriusan pengorderan rumah yang diharapkan. Kecuali itu DP juga diterapkan untuk mengikat harga yang sebelumnya telah disetujui antara penjual dan pembeli properti. Untuk besaran biayanya bervariasi, pada biasanya mulai dari 10%, tergantung promo yang sedang berlangsung dari bank maupun pengembang properti. Supaya tak terbebani DP, kau bisa memilih bank atau pengembang properti yang memiliki program keringanan kredit pembelian rumah.

Kecuali bukti keseriusan, terdapat juga 3 alternatif sistem bayar properti yang berlaku di Indonesia, diantaranya:

– Kredit Pemilikan Rakyat (KPR) – adalah produk pembiayaan untuk pembeli rumah dengan skema pembiayaan hingga dengan 90% dari harga rumah. Pada metode ini, kita akan membayar rumah dengan sistem mengangsur setiap bulan terhadap pihak bank. Lama {angsuran|kreditan} atau tenornya berbagai, dan bisa disesuaikan dengan kesanggupan bayar masing-masing. Untuk mengajukan KPR, terdapat ketetapan standar yang seharusnya dipenuhi mencakup umur <50 tahun saat mengajukan permohonan KPR, fotokopi KTP, sertifikat nikah atau cerai, kartu keluarga, surat keterangan WNI (untuk WNI keturunan), serta dokumen berhubungan rumah yang dibuat agunan (SHM, IMB, PBB).

– Tunai Keras atau Cash Keras – adalah metode pembayaran yang dilaksanakan dalam waktu paling lambat satu bulan semenjak adanya kesepakatan antara pembeli dan pengembang. Metode bayar ini mempunyai banyak profit, sebab umumnya pengembang akan memberikan potongan harga rumah yang menggiurkan (umumnya sekitar 10 – 15%). Kecuali itu, profit lainnya ialah kita tak perlu memikirkan bobot angsuran setiap bulan, ataupun fluktuasi suku bunga pinjaman yang sering kali membumbung tinggi seperti di metode bayar KPR

– Tunai Berjenjang atau Cash Installment – jika sebelumnya KPR ialah angsuran terhadap pihak bank, karenanya Cash Installment ialah angsuran dalam kurun 6-24 bulan yang dibayarkan seketika terhadap pihak pengembang. Metode bayar ini terbilang cukup tepat sasaran sebab angsuran tidak akan termakan fluktuasi bunga bank. Tapi, perlu kau kenal juga bahwa pada metode ini pembeli diharuskan untuk menyerahkan DP yang jumlahnya cenderung lebih besar atau sekitar 30 – 50% dari harga rumah, tergantung kebijakan pengembang.

3. Tentukan Lokasi

Nah, jika telah mengerti kedua hal mendasar sebelumnya, karenanya kau bisa mulai menetapkan lokasi rumah yang diharapkan. Penentuan lokasi ini bisa dipertimbangkan menurut beragam aspek, mulai dari pertimbangan atas lokasi yang tak rawan banjir, mempunyai jalan masuk yang gampang dan strategis, ataupun pertimbangan atas keadaan air, wujud tanah, sampai besarnya budget yang dimiliki.

 

4. Pilih pengembang properti atau developer terpercaya

beli rumah

Tahap berikutnya ialah memilih rumah menurut pengembangnya. Pastikan pihak pengembang atau developer yang dipilih adalah pihak terpercaya. Hal ini dapat dipastikan dengan menggali info tentang track record project sebelumnya, apakah developer mempunyai persoalan sulit atau terdapat kejanggalan pada proyek hunian yang telah pernah dibangun? jika ak ada persoalan, karenanya kau bisa memilih produk hunian dari developer hal yang demikian. Tetapi, jangan lupa pastikan kembali produk hunian developer yang kau pilih mempunyai kisaran harga yang cocok dengan budget yang kau miliki.

 

5. Tentukan Jenis Rumah

Pengembang properti biasanya mempunyai sebagian produk hunian dengan jenis luas tanah dan bangunan yang berbeda-beda. Sebagai model, jenis rumah yang sekarang cukup populer ialah jenis 36, 45, 60, dan juga jenis 70. Untuk menetapkan jenis rumah yang diharapkan kau bisa mengecek produk rumah yang disediakan oleh developer pilihanmu, dan menentukannya menurut dengan budget yang dimiliki. Dalam menetapkan jenis rumah ini, pastikan kau tak memaksakan harapan untuk mempunyai rumah cita-cita ya. Sebagai alternatif supaya konsisten on budget, kau dapat memilih hunian dengan konsep rumah tumbuh yang memungkinkan untuk dibangun atau di renovasi di kemudian hari.


Untuk info lengkap perumahan syariah silahkan bisa hub hotline kami
– 0812-3000-1704
Atau untuk WA klik

beli rumah,jual beli rumah,situs jual beli rumah,beli tanah,harga rumah murah,situs jual rumah,rumah dijual olx,biaya jual beli rumah,website jual beli rumah,jual beli properti,

rumah-2-lantai


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *