Amalan Sunnah untuk Bulan Muharram

Amalan Sunnah untuk Bulan Muharram

Rumah Halal Nusantara – Sudah menginjak awal tahun hijriah 1444, sudah siap untuk melakukan amalan-amalan di Bulan Muharram ini? Simak dulu amalan yang perlu kalian laksanakan di Bulan Muharram ini agar tidak salah kaprah.
Pertama-tama kalian sudah tau belum kalau Bulan Muharram adalah Bulan Allah? Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

أَفْضَلُ الصِّيَامِ بَعْدَ رَمَضَانَ شَهْرُ اللَّهِ الْمُحَرَّمُ وَأَفْضَلُ الصَّلاَةِ بَعْدَالْفَرِيْضَةِ صَلاَةُ اللَّيْلِ

“Puasa yang paling utama setelah (puasa) Ramadhan adalah puasa pada syahrullah (bulan Allah) yaitu Muharram. Sementara shalat yang paling utama setelah shalat wajib adalah shalat malam.” [HR. Muslim no. 2812]

Amalan Sunnah untuk Bulan Muharram

Karena bulan ini adalah bulan yang istimewa, tentu ada amalan-amalan yang bisa dikerjakan oleh semua umat muslim untuk meraih pahala sebanyak-banyaknya. Amalan yang utama dalam Bulan Muharram ini adalah puasa Asyura. Puasa ini adalah puasa sunnah yang dikerjakan pada tanggal 10 Muharram. Hukumnya sendiri adalah sunnah muakkadah, yaitu puasa sunnah yang sangat dianjurkan.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam sendiri selalu mengutamakan puasa ini. Keutamaan dari puasa ini sendiri telah diriwayatkan dalam hadits dari Abu Qaataqah, bahwa puasa Asyura bisa menghapuskan dosa-dosa selama setahun yang telah lalu (HR. Muslim 2/819)

Dosa-dosa apa saja yang dapat dihapus ketika Puasa Asyura?

Amalan Sunnah untuk Bulan Muharram

Ketika menjelaskan, Imam An Nawawi berkata, “Puasa Asyura bisa menghapus dosa-dosa kecil, dengan begitu puasa Asyura ini menghapus semua dosa selain dosa besar.”

Selain puasa pada hari yang kesepuluh, sejumlah ulama juga mengatakan “disunnahkan berpuasa pada tanggal 9 muharram dan 10 muharram. Karena Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam telah berpuasa pada tanggal sepuluh serta berniat akan berpuasa pada tanggal sembilannya.” (Syarah Nawawi Li Shahih Muslim, VIII/13)

Amalan Sunnah untuk Bulan Muharram

Selain berpuasa, amalan yang bisa dilakukan pada Bulan Muharram adalah dengan bersedekah. Sedekah sendiri adalah ibadah yang istimewa, sedekah sendiri bisa melipatgandakan pahala. “Sedekah yang paling utama adalah yang sesuai dengan kemampuan. Dan dahulukan orang-orang yang menjadi tanggunganmu.” (HR. Abu Dawud)

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam pernah menjelaskan, “Ada empat macam dinar (harta dan penggunaannya). Satu dinar engkau berikan kepada orang miskin, satu dinar engkau belanjakan untuk membebaskan hamba sahaya, satu dinar engkau infakkan di jalan Allah, dan satu dinar lagi engkau nafkahkan kepada keluargamu. Yang paling utama dari keempatnya adalah dinar yang engkau nafkahkan untuk keluargamu.” (HR. Muslim).

Begitulah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam menjelaskan bahwa sedekah kepada keluarga adalah hal yang paling utama.

Itulah amalan sunnah yang bisa diamalkan saat Bulan Muharram, semoga bermanfaat.

10 amalan di bulan muharram, 6 amalan di bulan muharram, amalan apa saja di bulan muharram, amalan baik di bulan muharram, amalan bersedekah di bulan muharram, amalan bulan muharram 2022, amalan bulan muharram menurut sunnah, amalan bulan muharram sesuai sunnah, amalan khusus bulan muharram, amalan khusus di bulan muharram, amalan sunnah bulan muharram, amalan yang baik di bulan muharram, contoh amalan bulan muharram, hadits tentang amalan bulan muharram, hadits tentang amalan yang disunnahkan di bulan muharram, keutamaan dan amalan bulan muharram,

Untuk info lengkap perumahan syariah silahkan bisa hub hotline kami
0812-3000-1704
Atau untuk WA klik :



rumah-2-lantai


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.