Beberapa cara membuat hunian anda sehat dan nyaman

Rumah Halal Nusantara – Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO): Sehat adalah suatu keadaan yang sempurna baik fisik, mental, maupun sosial budaya, bukan hanya keadaan yang bebas dari penyakit dan kelemahan (kecacatan). Berdasarkan pada pengertian di atas, Rumah Sehat diartikan sebagai tempat berlindung/bernaung dan tempat untuk beristirahat sehingga menumbuhkan kehidupan yang sempurna baik. Persyaratan kesehatan perumahan adalah ketetapan atau ketentuan teknis kesehatan yang wajib dipenuhi dalam rangka melindungi penghuni rumah, masyarakat yang bermukim di perumahan dan atau masyarakat sekitarnya dari bahaya atau gangguan kesehatan.

Berikut kami rangkum beberapa syarat atau tips memiliki hunian yang tidak hanya nyaman namun mendapatkan kesehatan didalamnya

  1. Hindari material berbahan zat kimia berbahaya

Saat anda membangun rumah atau bahkan melakukan perbaikan pada beberapa bagian, pastikan anda hanya menggunakan bahan material yang aman serta ramah lingkungan.

Jangan memakai material yang mengandung zat kimia berbahaya, sebab ini dapat menimbulkan penyakit dan berbagai gangguan kesehatan lainnya. Terdapat banyak material yang mengandung bahan kimia berbahaya, seperti: thinner, peralatan berbahan PVC, beberapa jenis cat, dan yang lainnya.

2. Atur pencahayaan alami di area rumah

Rumah yang sehat harus mendapatkan cahaya matahari yang cukup, bahkan untuk semua area di dalamnya. Pencahayaan alami seperti ini akan membuat ruangan di dalam rumah lebih hangat dan kering, sehingga tidak terasa lembab dan pengap.

Kondisi ini akan mencegah jamur dan berbagai bakteri lainnya berkembang. Selain itu, gunakan juga cahaya lampu yang memadai di dalam setiap ruangan, agar aktifitas bisa berjalan dengan nyaman dan kesehatan mata tetap terjaga. Pencahayaan yang baik akan membuat mood dari sang empunya rumah akan baik setiap saat.

3. Siapkan ventilasi dan atur sirkulasi udara

Udara di dalam rumah harus terus berganti, agar Anda dan seluruh keluarga dapat hidup sehat di sana. Udara yang alami seperti ini akan membuat rumah lebih nyaman dan tidak terasa pengap.

Anda harus mengatur sirkulasi udara ini dengan membuat ventilasi yang tepat sejak awal. Hal ini bisa diatur dengan membuat beberapa jendela, mengatur sirkulasi udara di area dapur, ruang tamu atau keluarga dan ruangan yang lainnya.

4. Jangan biarkan hama hidup

Hama menjadi salah satu sumber penyakit yang harus Anda hindari di area rumah. Serangga, rayap, kecoa, tikus dan yang lainnya merupakan jenis hama yang paling sering menjadi masalah di rumah.

Ada banyak masalah yang bisa ditimbulkan hama di rumah Anda, seperti: kerusakan pada beberapa bagian rumah, bau menyengat, kotoran hama, dan yang lainnya. Semua ini tentu sangat mengganggu dan bisa menimbulkan penyakit. Cegah hama ini masuk ke rumah dan jangan berikan ruang, agar kelak Anda tidak perlu kerepotan untuk membasminya.

5. Pakai material yang mudah dibersihkan

Agar kebersihan rumah selalu terjaga, pastikan Anda menggunakan berbagai perabot rumah dengan material yang mudah dibersihkan. Ini akan menghemat waktu dan tenaga. Anda bisa membersihkan berbagai peralatan dan area rumah dengan lebih mudah, sehingga tidak lagi kotor. Hindari material yang sulit dibersihkan dan bisa membuat Anda malas menjaga kebersihan rumah.

6. Kelola sampah dan limbah dengan baik

Anda juga perlu mengatur limbah rumah tangga Anda dengan baik, termasuk sampah yang diproduksi setiap harinya. Hal ini bisa Anda lakukan dengan banyak cara, mulai dari mengatur septic tank hingga saluran pembuangan air di rumah Anda. Selain itu, kelola juga sampah di rumah Anda dengan cara yang tepat, agar tidak sampai bau dan menimbulkan masalah.

7. Atur sistem air bersih dengan baik

Jangan lupa untuk mengatur sistem air bersih di rumah Anda. Jika Anda menggunakan air ledeng, maka pastikan semua kran sudah dipasangi sistem penyaringan yang memadai.

Hal ini akan menjamin air sudah layak untuk dikonsumsi dan digunakan untuk berbagai kebutuhan di rumah Anda. Hal yang sama juga bisa Anda lakukan untuk air yang berasal dari sumur pompa.

8. Buat taman yang nyaman

Tidak harus di area yang luas, Anda juga bisa membuat taman berukuran mini di sekitar rumah Anda. Letakkan beberapa pot bunga di teras dan juga halaman rumah.

Jika area halaman rumah, maka Anda bisa menanam beberapa tanaman hias secara langsung di sana. Selain membuat rumah lebih indah, taman ini juga akan membuat sirkulasi udara ke rumah menjadi lebih sejuk.

Untuk info lengkap perumahan syariah silahkan bisa hub hotline kami
– 0812-3000-1704
Atau untuk WA klik

apa itu rumah sehat,apa manfaat rumah sehat,artikel rumah sehat,ciri ciri rumah sehat,dampak pencahayaan bagi kesehatan,desain rumah dengan pencahayaan alami,fungsi pencahayaan,fungsi rumah sehat,manfaat rumah sehat,pengertian rumah sehat menurut who,

rumah-2-lantai


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *