Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Agar Tidak Boros – Wajib Baca!

Rumah Halal Nusantara – Dengan mulai mengenal dan menerapkan metode mengontrol keuangan rumah tangga supaya tak boros dapat menolong Anda untuk mempunyai arus keuangan yang lebih sehat. Tentunya dengan mempunyai keuangan keluarga yang teratur Anda dapat lebih meminimalisir pengeluaran yang tak terkontrol, khususnya pengeluaran yang sifatnya impulsif sebab berutang, semisa dengan kartu kredit. Jadi, dengan mengelola secara teratur Anda dapat lebih meminimalisir kemungkinan terjebak dalam utang.

Kecuali itu, Anda bahkan juga dapat mengendalikan supaya jangan hingga ada keuangan tak terduga yang keluar, yang umumnya akan membikin Anda kian boros.Umumnya dengan mengelola seperti ini Anda dapat tahu persis berapa saja yang boleh dikeluarkan dan berapa batas pengeluaran supaya tak berlebihan.

1. Buat Daftar Pengeluaran

Mulailah dengan membagi beragam tipe pos pengeluaran yang kaprah-kaprah akan Anda dan keluarga keluarkan. Sebagian pos yang umumnya cukup penting ialah:
Keperluan rumah: tagihan listrik dan air, PBB tahunan, dana darurat untuk membenarkan komponen rumah yang rusak
Keperluan rumah tangga: konsumsi,
Tabungan dan dana darurat
Asuransi
Transportasi: tarif BBM atau tarif transportasi biasa
Hiburan (kalau memungkinkan)
Cek lagi apakah ada pos pengeluaran lain yang umumnya harus Anda bayarkan secara teratur.

Sesudah mengenal pos pengeluaran, cobalah mulai mengalokasikan dana untuk tiap pos yang ada. Anda dapat menerapkan aplikasi free ataupun menerapkan tabel spreadsheet di Excel. Hal ini akan menolong Anda untuk menghitung tiap tipe pengeluaran, dan memperhatikan perlu tidaknya mengalokasikan uang sebanyak itu.

2. Buat Kalender Tagihahan

Untuk membikin keuangan rumah tangga lebih teratur, ada bagusnya untuk membikin kalender tagihan tiap bulan. Tandai tiap tanggal berapa saja seharusnya membayar tagihan air atau listrik (ataupun jadwal membeli pulsa pre-paid token PLN), membayar uang sekolah si kecil, tanggal tagihan kartu kredit (kalau ada), ataupun tagihan lainnya. Biasakan untuk teratur melaksanakannya di permulaan bulan, setidaknya di tanggal 10 tiap bulan. Hal ini akan menolong Anda menjadi lebih teratur dan terhindar dari tarif denda.

3. Sisihkan Uang untuk Dana Darurat


Oh ya, penting juga untuk menabung untuk dana darurat. Dana darurat ialah dana yang dipersiapkan untuk diterapkan dalam kondisi darurat, seperti jika Anda jatuh sakit atau mungkin dipecat dari profesi. Kenapa dana darurat dan tabungan seharusnya dipisahkan? Tentu saja sebagai jaga-jaga menggantikan penghasilan utama Anda di keadaan terdesak. Fungsi dana darurat akan benar-benar terasa saatsumber penghasilan utama Anda benar-benar sirna, sehingga memang benar-benar tak boleh diterapkan sama sekali dan seharusnya dialokasikan dalam sebuah rekening tabungan khusus.

Dana darurat yang perlu disiapkan umumnya menurut jumlah gaji bulanan anda. Anda dapat mempersiapkan dana darurat sebanyak 3, 6, atau 12 kali dari jumlah gaji bulanan anda. Umumnya bagi yang masih single, cukup 3 kali jumlah gaji. Untuk yang telah berkeluarga, ada bagusnya menyiapkan minimal 6 atau 12 kali dari jumlah gaji Anda.

4. Merubah Kebiasan untuk Senantiasa Menerapkan Uang Tunai atau Kartu Debit


Hindari untuk menerapkan kartu kredit dalam pembayaran sehari-hari. Kartu kredit memang bagus diterapkan untuk menerima promo, sehingga Anda dapat membayar lebih murah. Tapi demikian itu, kalau menerapkan kartu kredit secara terus menerus, umumnya akan ada kecenderungan untuk menerapkan secara tak terkontrol. Tentunya hal ini dapat memberikan akibat buruk kalau terjadi tanpa sadar, tagihan yang datang di bulan depan dapat membengkak secara tiba-tiba.

5. Pantau Pengeluaran

Sesudah mengenal pos pengeluaran apa saja dan berapa nominal yang dialokasikan untuk tiap pos, inilah waktunya untuk melaksanakan implementasi dan evaluasi. Cobalah untuk terus memantau pengeluaran selama sebulan, apakah jatah yang Anda buat untuk keuangan keluarga Anda telah cukup atau masih kurang. Lihat lagi di pos mana yang memerlukan nominal lebih, serta di pos mana sebaiknya dikurangi atau pun dihilangkan.

Mau Rumah Mewah Harga Murah dan Skema Syariah di Kota Bogor ? Hubungi tim marketing kami sekarang juga dan booking unitnyaaaa … 

untuk info lengkap perumahan syariah silahkan bisa hub CS kami
-Bapak Iwan : 0896-7782-2788
– Bapak Solikul : 0895-8030-47927
atau WA klik saja

rumahcibubur ,rumahcibuburdijual ,rumahcileungsi ,dijualrumahcibubur ,rumahsyariahbogor ,inforumahjakartaselatan ,jualrumahjakarta ,jualrumahbogor ,jualrumahbekasi ,

 

Sumber amalan.com

rumah-2-lantai


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *