Strategi Jitu Bila Mau Beli Rumah Kedua

Strategi Jitu Bila Mau Beli Rumah Kedua

Rumah Halal Nusantara – Setelah Anda berhasil membeli rumah pertama—apalagi jika KPR rumah pertama nyaris selesai—keinginan untuk membeli rumah kedua selalu ada. Terutama jika Anda menginginkan rumah yang lebih besar atau lebih dekat dengan lokasi kerja serta pusat kota.

Hal ini kerap dirasakan oleh mereka yang sudah memiliki anak lebih dari dua atau memiliki rezeki lebih untuk membeli rumah baru. Bagus untuk investasi dan simpanan di masa tua nanti. Apalagi Bank Indonesia juga semakin memudahkan rencana ini melalui aturan Loan To Value (LTV) KPR.

Strategi Jitu Bila Mau Beli Rumah Kedua

Artinya, uang muka atau down payment (DP) yang Anda harus bayarkan menjadi lebih murah. Untuk rumah kedua, Anda diwajibkan membayar DP sebesar 20%. Sehingga jika mengincar rumah harga Rp 1 miliar, maka siapkan uang tunai Rp200 juta. Atau untuk mudahnya.

Namun, agar pembelian rumah kedua Anda lancar hingga masa cicilannya selesai, pertimbangkan hal-hal berikut ini.

Lihat Kondisi keuangan

Strategi Jitu Bila Mau Beli Rumah Kedua

Silakan meneliti terlebih dahulu kondisi keuangan Anda saat ini. Budi Raharjo, perencana keuangan One Shildt Personal Financial Planning, berujar, membeli rumah kedua lebih tepat jika dilakukan ketika kondisi keuangan Anda sudah sehat.

Indikasi keuangan yang sehat antara lain ada dana darurat, kebutuhan proteksi seperti asuransi jiwa dan asuransi kesehatan sudah terpenuhi, lalu rasio utang di bawah 30% dari jumlah penghasilan. “Pastikan juga, tujuan keuangan yang utama sudah dilakukan seperti dana pendidikan anak dan dana pensiun,” kata Budi. Jika kesemuanya aman, Anda baru bisa menimbang untuk membeli rumah kedua sebagai tambahan aset atau investasi.

Sesuai tujuan

Strategi Jitu Bila Mau Beli Rumah Kedua

Pemilihan rumah incaran akan lebih tepat apabila disesuaikan dengan tujuan pembelian. Misalnya, membeli untuk investasi dan kelak akan menyewakannya. Tentukan target pasar penyewa rumah Anda kelak. Dari sana, pilihan lokasi rumah yang paling tepat bisa Anda tentukan dengan lebih terfokus.

Pertimbangkan Lokasi

Strategi Jitu Bila Mau Beli Rumah Kedua

Jika rumah pertama Anda berjarak cukup jauh dari pusat kota, sebaiknya rumah kedua lebih dekat ke pusat kota. Pastikan juga rumah kedua berada di lokasi yang harga jualnya kembali cukup tinggi atau menjanjikan sebagai investasi.

Tapi jika niatnya membeli rumah kedua yang sedikit di pinggiran kota dan memiliki lingkungan yang asri, pastikan lingkungan tersebut menjadi incaran konsumen dan akan menjadi tempat yang prospektif.

Lebih Unggul

Strategi Jitu Bila Mau Beli Rumah Kedua

Bila rumah kedua Anda akan dijadikan tempat tinggal, berarti rumah tersebut harus lebih baik segala-galanya dibandingkan rumah pertama. Misal, lebih luas, lingkungannya lebih aman dan nyaman, lebih dekat dengan rumah sakit, sekolah, dan tempat belanja.

Bisa Jadi Aset Produktif

Strategi Jitu Bila Mau Beli Rumah Kedua

Ingat, meski harga properti cenderung naik, tapi pertimbangkan juga biaya pemeliharaannya, karena Anda bisa saja rugi. Misal, jika rumah kedua Anda adalah apartemen, ditempati atau tidak tetap saja Anda harus membayar biaya keamanan dan kebersihan lingkungan yang tidak sedikit.

Agar biaya pemeliharaan tak menggerus keuangan Anda, buatlah rumah tersebut sebagai aset yang menghasilkan, bukan hanya jadi beban, misalnya menyewakannya sebagai kamar kos atau kontrakan.

Namun apapun yang menjadi alasan pembelian sebuah rumah, faktor-faktor yang perlu dianalisa jelas tak sedikit. Tetap berhati-hati dan tidak terburu-buru adalah jalan mendapatkan hunian kedua yang menjadi idaman seluruh anggota keluarga. Selamat berburu dan mengupgrade hunian. Semoga Artikel kali ini bermanfaat.

Selamat menimbang!

bagaimana cara membeli rumah, bagaimana cara membeli rumah dengan kpr, impian punya rumah, membeli rumah pertama, strategi beli rumah, strategi beli rumah baru, strategi beli rumah pertama, strategi beli rumah yang baik, strategi membeli rumah, strategi membeli rumah pertama adalah, strategi menabung untuk beli rumah, tata cara membeli rumah, tata cara membeli rumah di perumahan,

Untuk info lengkap perumahan syariah silahkan bisa hub hotline kami
0812-3000-1704
Atau untuk WA klik :



rumah-2-lantai


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.