Tips Merawat Rumah Di Musim Hujan Supaya Tetap Terlindungi

Rumah Halal Nusantara – Rumah merupakan cerminan kepribadian kita, terlihat dari kerapihan dan kebersihannya. Maka dari itu hendaknya kita harus menjaga serta merawat  kondisi rumah dalam keadaan cuaca apapun.  Disini kami akan memberikan Tips Merawat Rumah Di Musim Hujan Supaya Tetap Terlindungi.

Hujan adalah rahmat yang diberikan oleh Allah SWT  untuk kita dan dianjurkan ketika hujan turun perbanyak berdoa, tetapi disaat musim penghujan turun sebagian orang selalu membersihkan rumah di setiap waktu dan untuk itu sangat menguras tenaga , karena saat air hujan turun cipratan tanah meninggalkan noda di sekitar rumah dan sulit untuk dihilangkan, butuh tenaga yang ekstra membersihkannya kembali.

Kondisi lantai yang bersih di dalam rumah pun menjadi terlihat sangat kotor dengan adanya jiplakan kaki yang lembap dari luar rumah. Apalagi wanita pekerja, mungkin waktu dan tenaga Anda sangat terbatas untuk membersihkan seluruh sudut rumah dan barang-barang yang terkena air hujan. Masyarakat dituntut untuk selalu waspada karena akibat buruk dari cuaca ekstrim seperti kali ini, bakal selalu mengintai. Bahkan, dapat menghambat aktifitas sehari-hari, utamanya saat beraktifitas di luar ruangan.

Curah hujan yang tinggi dapat memicu berbagai masalah seperti banjir dan kerusakan pada bangunan rumah. Beberapa hal yang kerap ditemui di rumah adalah masalah atap bocor, dinding lembab, korsleting listrik, dan beberapa risiko lain yang dapat membahayakan penghuni rumah. Oleh karena itu, kamu wajib mengikut Tips Merawat Rumah Di Musim Hujan Supaya Tetap Terlindungi sebagai berikut :

1.  Periksa tiap dinding rumah dan atap rumah

Menjelang musim hujan, periksalah atap dan dinding rumahmu. Jangan sampai rumahmu bocor sepanjang hari selama musim hujan. Untuk atap, pastikan nggak ada genting yang pecah ataupun posisinya bergeser. Ada baiknya memberikan cat pelapis antibocor pada sambungan genting agar atapmu aman.

Dinding rumah juga rentan mengelupas dan berjamur saat musim hujan. Hal ini karena air hujan yang masuk dari dinding luar dan meresap hingga ke dalam. Rembesan air dari langit-langit yang mengalir melalui dinding juga bisa membuat teksturnya rapuh jika didiamkan begitu saja. Sebaiknya lapisi dindingmu dengan cat pelapis antibocor sehingga tetap aman selama musim hujan. Jadi harus tetap waspada yaa …

2.  Mengecek listrik dan peralatan elektronik lainnya

Hawa lembap selama musim hujan bisa menyebabkan kabel listrik mudah terkelupas dan rapuh. Oleh karena itu, pastikan kabel listrik terbungkus rapat dan rapi. Jika menemukan kerusakan, segeralah perbaiki atau ganti baru.

Jangan lupa menjauhkan alat elektronik dari tempat yang mudah basah agar tidak rusak. Alasannya tentu saja untuk menghindari risiko korsleting, kebakaran, dan sengatan listrik. yang ini harus di perhatikan ya …

3. Jangan menggunakan karpet saat musim hujan

Karpet yang Anda gunakan di dalam rumah saat musim hujan, akan menimbulkan kuman dan kotoran. Bahkan karpet pun akan terasa lembap setiap hari, untuk melaundry-nya pun perlu waktu yang lama. Jika Anda tidak menggunakan karpet akan lebih mudah untuk mengepel lantai dengan cepat.

4. Melindungi furniture

Jauhkan furniture yang terbuat dari kayu atau bahan apapun yang bisa rusak jika terkena air. Simpan dan pindahkan furniture di tempat yang jauh dari pintu atau jendela, supaya tidak terkena cipratan air hujan. Kalau rumahmu menggunakan lantai kayu, jagalah agar tetap kering. Kayu yang dibiarkan lembap dan sering terkena air bisa lapuk dan mudah rusak, tuh.

5. Membersihkan diri sebelum masuk rumah

Sebelum masuk ke dalam rumah, cucilah dulu kakimu sampai bersih di depan rumah, lalu keringkanlah telapak kakimu di atas keset. ini bentuk juga dalam Tips Merawat Rumah Di Musim Hujan Supaya Tetap Terlindungi. Kini hampir semua rumah memiliki keran air di halaman depan. Namun, jika tak punya, cukup keringkanlah kakimu di keset dan langsung menuju kamar mandi untuk bebersih. Dengan begitu rumahmu akan tetap bersih, deh.

Cek juga apakah ada kotoran yang menempel akibat terkena hujan di jalan. Terutama jika kamu benar-benar kehujanan dan terkena cipratan air sepanjang perjalanan. Supaya rumah anda tidak terlalu kotor untuk lantainnya. 

6. Pastikan ventilasi rumah anda berfungsi dengan baik

Tips Merawat Rumah Di Musim Hujan Supaya Tetap Terlindungi ini kadang suka terabaikan padahal penting! Pastikanlah ventilasi rumahmu berfungsi dengan baik selama musim hujan. Ventilasi berguna agar udara segar lancar mengalir sehingga hawa rumahmu tak lembap. Jika hujan terlalu deras, kamu bisa menutup ventilasinya untuk sementara, kok. Lalu bukalah kembali jika hujan sudah reda agar udaranya bisa berganti.

7. Pangkas tanaman

Tips Merawat Rumah Di Musim Hujan Supaya Tetap Terlindungi yang ini juga nggak kalah penting. Selama musim hujan, tanaman bisa tumbuh dengan cepat.

Nah, tanaman rimbun sering kali jadi tempat favorit para nyamuk dan serangga. Tanaman yang tumbuh terlalu tinggi juga berisiko tumbang atau tersambar petir saat musim hujan. Oleh sebab itu menjelang musim hujan, usahakanlah pangkas tanaman di sekitar rumah agar tak jadi sarang nyamuk. Nggak perlu dipangkas habis, secukupnya saja. Rumahmu pun bakal tetap asri bukan?

Nah itulah Tips Merawat Rumah Di Musim Hujan Supaya Tetap Terlindungi, Selain itu, jangan lupa untuk selalu membersihkan ruang rumah secara rutin. Jangan menunggu terlihat kotor baru dibersihkan, ya!

Dan untuk mempunyai hunian yang bersih,rapi dan nyaman tentunnya harus memiliki hunian yang menciptakan suasana lingkungan sejuk dan nyaman pula untuk siap menghadapi musim hujan untuk itu kami hadirkan Rumah Syariah yang berada di Adreena Village Cileungsi Bogor yang menawarkan terhadap anda transaksi tanpa riba, tanpa sita, tanpa akad bathil karena pembayaran skemannya berupa syariah.

Untuk info lengkap perumahan syariah silahkan bisa hub CS kami
– Ibu Astri : 0896-1732-239
– Bapak Rian : 0895-4256-29911
Atau untuk WA klik

tips merawat rumah saat musim hujan turun,tips merawat rumah saat musim hujan lebat,tips merawat rumah saat musim hujan ini,tips merawat rumah saat musim hujan yaitu,cara merawat rumah saat hujan turun jatuh,info jual beli rumah bogor,info jual beli rumah di bogor,beli rumah cileungsi terbaik,jual beli rumah cileungsi,jual beli rumah daerah cileungsi

rumah-2-lantai


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *