5 Tips Aman Membeli Rumah Lewat Developer Supaya Tidak Tertipu

Rumah Halal Nusantara – Mempunyai rumah sendiri sekarang menjadi salah satu tujuan hidup pun menjadi standar kesuksesan bagi banyak orang. Tidak heran jikalau hal ini dimanfaatkan oleh developer atau pengembang properti bertanding – pertandingan memberikan penawaran menarik terhadap calon konsumennya untuk membeli properti terhadap mereka. Tapi, konsisten senantiasa ingat Sobat Sikapi untuk tak gampang atau terburu-buru mengambil keputusan. Pasalnya, sebagian waktu lalu sempat ramai perihal kasus pembohongan yang dilaksanakan oleh developer dengan iming-iming diskon besar atau harga murah di bawah harga pasar.

Bagi Sobat yang masih umum kepada developer properti, tidak perlu takut dan menjadi ragu untuk membeli rumah sebab banyaknya kasus pembohongan yang marak dilaksanakan oleh developer tak bertanggung jawab ini. Aktif mencari tahu perihal reputasi ialah hal yang seharusnya dilaksanakan sebelum memilih, tapi kau juga seharusnya mengenali perbedaan developer dengan developer bodong. Berikut 3 ciri mengenali developer rumah bodong:
1. Terdapat perbedaan rincian info yang dikenalkan dari brosur dengan costumer service
2. Memasarkan harga murah di bawah pasaran yang tidak masuk di nalar
3. Kredibilitas dan perizinan yang meragukan

 

 1. Cari tahu dan pertimbangkan reputasi developer

Mencari tahu reputasi developer ialah langkah permulaan yang seharusnya kau lakukan sebelum memilihnya. Dengan mengenal reputasinya, kau bisa menentukan dan mengukur apakah developer hal yang demikian bisa bertanggung jawab dalam beragam urusan kau nanti. Metode mudahnya kau bisa membaca secara terperinci lewat situs dan media sosialnya untuk mengamati portofolio dari proyek-proyek apa saja telah mereka lakukan selama ini. Kecuali itu, rajin-rajin juga untuk mengecek pemberitaan di media dan dunia maya untuk mengenal apakah developer hal yang demikian pernah tersandung kasus-kasus negatif yang merugikan konsumennya.

2. Amati keaslian Akta Hak Milik (SHM) & Izin Mendirikan Bangunan (IMB)

Untuk menghindari permasalahan yang bisa terjadi di kemudian hari seperti penyegelan oleh pihak berwajib, penolakan kredit bank, dan permasalahan lainnya, karenanya kau seharusnya melihat keaslian dari rumah yang berharap kau beli dari developer. Tanyakan ke pihak developer apakah rumah hal yang demikian telah mempunyai Akta Hak Milik (SHM) dan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) atau belum, sebab kalau belum ada untuk sebaiknya kau tunda.Umumnya} ini penting sebab tiap mendirikan bangunan gedung di Indonesia, karenanya harus peraturannya untuk mempunyai surat Izin Mendirikan Bangunan (IMB) yang telah dikuasai oleh Undang-Undang 28 Tahun 2000 perihal Bangunan Gedung.

3. Tanyakan kejelasan akta rumah kapan bisa beralih nama

Kalau dikala membeli rumah lewat developer, akta rumah akan telah diganti nama dari pemilik lama menjadi nama developer. Jikalau berminat membeli, pastikan kau menanyakan lebih terang dan pastinya kapan akta hal yang demikian bisa beralih menjadi atas nama kau. Umumnya ini sungguh penting sebab jikalau akta belum balik nama menjadi nama kau, karenanya kau tak bisa melaksanakan alih kredit (take over) ke bank lain dari bank ketika ini. Pihak bank akan minta akta atas nama kau supaya bank bisa menyetujui pengajuan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) kau dan dibuat sebagai jaminan yang resmi di mata undang-undang

4. Jangan membayar Down Payment (DP) sebelum KPR disetujui

Sebelum Kredit Pemilikan Rumah (KPR) di setujui pihak developer jangan membayar Down Payment (DP) , karenanya supaya bisa memperjelas akad untuk cicilan kedepannya nanti , dan supaya tidak ada salah faham antar kedua belah pihak .

5. Menjadwalkan penandatanganan Sertifikat Jual Beli (AJB)

Langkah lebih lanjut jikalau telah sepakat dengan Perjanjian Pengikatan Jual Beli (PPJB), karenanya segeralah menjadwalkan penandatanganan Sertifikat Jual Beli (AJB) yang mana ialah bukti resmi hak atas tanah dan bangunan telah beralih dari developer terhadap pihak lain ialah kau sebagai pemilik baru. AJB ini seharusnya dikerjakan bersama developer di hadapan Pejabat Pembuat Sertifikat Tanah (PPAT).

 

Anda bingung mencari rumah di daerah timur cibubur  sebagai tempat tinggal atau investasi  dengan developer yang aman ? Adreena Village  solusinya , 

Untuk informasi lengkap mengenai Adreena Village  bisa berkunjung dengan klik tombol di bawah ini 

untuk info lengkap perumahan syariah silahkan bisa hub CS kami
-Bapak Iwan : 0895-8002-79043
– Bapak Solikul : 0895-8030-47927
atau WA klik saja

investasi rumah mewah , investasi rumah syariah , rumah untuk investasi , investasi rumah 2020 , jual rumah di jabodetabek , beli rumah di jabodetabek , info jual rumah bekasi barat , info rumah dijual di bekasi , di jual rumah di cibubur

 

                                                                              sumber https://sikapiuangmu.ojk.go.id

rumah-2-lantai


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *