Cara Merawat Keluarga Yang Positif Covid-19 di Rumah Agar Tak Tertular

Rumah Halal Nusantara – Angka infeksi Covid-19 yang semakin tinggi membuat rumah sakit hampir kolaps. Alhasil, tak semua pasien Covid-19 bisa dirawat di rumah sakit. Akibatnya, pasien Covid-19 dengan gejala ringan hingga sedang disarankan untuk melakukan isolasi mandiri di rumah.

Masalahnya, perawatan pasien Covid-19 di rumah bukan tanpa risiko. Apalagi, dengan merebaknya varian delta yang memiliki kemampuan transmisi atau penularan yang sangat tinggi, bahkan disebut lebih mudah menular dibandingkan varian lainnya.

Berikut ini 4 cara meminimalkan penularan saat merawat keluarga yang positif Covid-19 di rumah:

1. Kamar tidur

Cara Merawat Keluarga Yang Positif Covid-19 di Rumah Agar Tak Tertular

Anggota keluarga yang positif Covid-19 harus ditempatkan di kamar berbeda dengan anggota keluarga lain yang negatif. Tempatkan di kamar dengan ventilasi alami yang baik, pencahayaan yang baik, dan ada ruang untuk beribadah.

Jika memungkinkan, ada ruang terbuka dengan sinar matahari cukup untuk berjemur dan olahraga untuk membantu menghindarkan stres.

Selain itu, obat-obatan dan peralatan medis, seperti oxymeter dan thermometer disimpan di dalam kamar, agar pasien bisa selalu memantau kondisi dirinya.

2. Kamar mandi

Cara Merawat Keluarga Yang Positif Covid-19 di Rumah Agar Tak Tertular


kamar mandi dan tempat cuci tangan juga harus terpisah dengan anggota keluarga lainnya. Semua peralatan mandi, seperti odol, sabun, dan sisir tidak boleh berbagi dengan anggota keluarga lain, serta harus disimpan di tempat berbeda.

Jika tidak memungkinkan, maka kamar mandi dan tempat cuci tangan harus sering dibersihkan dengan desinfektan, setiap setelah digunakan oleh anggota keluarga yang positif Covid-19.

3. Mencuci pakaian

Cara Merawat Keluarga Yang Positif Covid-19 di Rumah Agar Tak Tertular

Mencuci pakaian anggota keluarga yang positif Covid-19 juga harus dilakukan secara terpisah dari anggota keluarga lain. Pakai masker dobel dan sarung tangan karet saat mencuci pakaian.

Sebelum mencucinya, ada baiknya merendam pakaian dengan deterjen lebih dulu. Cuci tangan pakai sabun dan air selama 20 detik setelah mencuci pakaian

4.Makan

Cara Merawat Keluarga Yang Positif Covid-19 di Rumah Agar Tak Tertular

Gunakan alat makan yang berbeda dengan dengan anggota keluarga lainnya, simpan di tempat berbeda, dan cuci dengan air dan sabun cuci piring. Pakai sarung tangan dan masker dobel saat memberikan makan dan mengambil kembali peralatan makan.

Jika pasien tidak mungkinkan untuk makan sendiri, anggota keluarga yang merawat sebaiknya memakai alat pelindung diri.

Jangan menyentuh wajah saat harus membersihkan peralatan makan anggota keluarga yang positif Covid-19. Selalu cuci tangan dengan air dan sabun setelah membersihkan peralatan makan.

anggota keluarga lain harus memahami cara pencegahan penularan infeksi, seperti cara cuci tangan pakai sabun yang baik, etika batuk dan bersin, cara membersikan perabotan rumah hingga cara melakukan disinfeksi di rumah.

anggota keluarga yang merawat sebaiknya dalam kondisi sehat dan tidak termasuk golongan kelompok berisiko tinggi Covid-19, yaitu lansia, ibu hamil, dan orang yang memiliki penyakit bawaan.

anggota keluarga yang merawat pasien Covid-19 harus melakukan tes swab PCR satu hari setelah kontak erat dan bisa diulang lima hari kemudian. “Risiko tertular saat merawat anggota keluarga yang positif Covid-19 tentu selalu ada. Namun, ini bisa diminimalisasi dengan penggunaan masker yang benar dan sarung tangan, serta bisa ditambah dengan penggunaan APD (alat pelindung diri) yang benar,” ujar dr. Hendra

untuk info lengkap perumahan syariah silahkan bisa hub hotline kami
–0812-3000-1704
Atau untuk WA klik

 

tips merawat pasien covid-19 dirumah,bagaimana cara merawat pasien covid,cara merawat diri sendiri,cara merawat diri sendiri dimasa pandemi covid-19 indonesia,cara merawat diri sendiri saat covid,
cara merawat diri sendiri saat covid19 adalah,cara merawat diri sendiri saat covid19 apa saja,
cara merawat pasien corona di rumah,cara merawat pasien covid isolasi mandiri,cara merawat pasien covid isolasi mandiri di rumah,cara merawat pasien positif corona di rumah,



rumah-2-lantai


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *