Simak Tips Cara Mencegah Covid 19 di Dalam Rumah, Wajib Anda Ketahui !

pencegahan corona


Rumah Halal Nusantara – Assalammalaikum temen-temen balik lagi ni sama mimin, gimana kabar nya sehat? Tau kan sekarang lagi naik banget pandemi covid 19 apa lagi sekarang PPKM (penerapan pembatasan kegiatan masyarakat) semua pada dirumah Penularan virus Covid-19 ini penularannya sangat cepat, apalagi ditempat-tempat umum seperti stasiun, perkantoran, pasar , dan bahkan dirumah sendiri pun bisa tertular. Klaster rumahan seakrang sudah banyak kasusnya, dengan begitu kita harus tau cara menceahnya.


Pandemi COVID-19 kini telah menyebabkan lebih dari satu juta kasus secara global dan menelan puluhan ribu korban jiwa. Tingkat penyebaran yang tinggi akibat belum tersedianya vaksin COVID-19 membuat cara mencegah menjadi upaya terbaik agar tidak tertular penyakit zoonosis ini.
Jumlah kasus dan korban jiwa yang terus meningkat membuat masyarakat di seluruh dunia, termasuk Indonesia sangat waspada terhadap perkembangan wabah COVID-19.
Terlebih lagi, di Indonesia sudah dikonfirmasi terdapat dua WNI yang terkena infeksi virus tersebut.

Dengan demikian, berikut adalah beberapa 5 tips yang dapat dilakukan untuk mencegah penularan Covid-19 di rumah :


1. Isolasi Diri saat Sakit

cegah virus corona

Untuk mencegah penularan virus corona, sebaiknya jangan bepergian atau berkumpul dengan teman atau keluarga, bila dirimu dalam keadaan sakit. Apalagi bila sakitnya menunjukkan gejala-gejala COVID-19.
Lakukanlah isolasi diri secara mandiri di rumah. Ingat isolasi diri ini hanya direkomendasikan untuk gejala awal corona seperti sakit tenggorokan ringan. Andaikan gejala tidak membaik, bahkan semakin berkembang, segeralah temui dokter atau petugas kesehatan untuk penanganan yang tepat.
Gunakanlah masker untuk meminimalkan risiko penyebaran virus corona ke orang lain saat pergi ke klinik atau rumah sakit. Bila pergi keluar dalam keadaan sakit, hindarilah transportasi umum untuk mencegah penyebaran virus.

2. Segera mencuci tangan

Langkah Mencegah Penularan Virus Corona


Habis dari luar kan kalian pegang benda yang sudah di sentuh orang lain terus kalian pegang, menyebar nya corona itu seperti itu. Jadi setelah dari luar cepat-cepat cuci tangan dengan air mengalir dan sabun yang berih. Salah satu cara mencegah penyakit COVID-19 adalah mencuci tangan dengan tepat. Mencuci tangan merupakan kebiasaan sehat yang terlihat sederhana, tetapi ampuh mengurangi risiko penularan infeksi virus. Hal ini dikarenakan tangan manusia dipenuhi dengan berbagai macam bakteri dan virus, terutama ketika berada di tempat yang ramai. Patogen yang tersebar dapat menempel di tangan dan lebih berisiko menularkan infeksi virus, seperti SARS-CoV-2.Penyakit juga bisa menular saat Anda menyentuh barang yang terkena percikan cairan tubuh orang yang terkena virus. Setelah menyentuh barang tersebut, Anda mungkin tanpa sadar menyentuh mata, hidung, dan mulut dengan tangan yang belum dicuci.



3. Lepas masker serta baju, lalu semprot dengan desinfektan

pencegahan corona

 

Masker yang sudah digunakan disemprot menggunakan desinfektan lalu dibuang ke tempat sampah, dan kemudian baju kotor ditarus di tempat cucian kotor yang terpisah dengan pakaian lain. Kenakan sarung tangan dan masker sebelum mendisinfeksi rumah. Anda boleh menggunakan sarung tangan disposable (sekali pakai) maupun sarung tangan reusable (bisa digunakan berulang). Untuk sarung tangan yang bisa dipakai berulang, ada baiknya penggunaan memang dikhususkan untuk bersih-bersih ataupun disinfeksi, ya.


4. Kuatkan Sistem Imun

pencegahan corona


Virus corona dan virus lainnya punya satu kesamaan. Virus bersifat self limiting disease, alias bisa mati dengan sendirinya. Lalu, bagaimana cara membunuh virus tersebut?
Singkatnya, kalau daya tahan tubuh baik, maka tubuh akan melawan virus tersebut. Lalu, bagaimana mana cara meningkatkan sistem imun?
Istirahat yang cukup. Orang dewasa umumnya membutuhkan waktu tidur 7-8 jam dan remaja sekitar 9-10 jam.
Perbanyak makan sayur dan buah. Kandungan vitamin dan mineral sayur dan buah memperkuat sistem imun tubuh.


Hindari Stres. Stress yang tidak terkendali dan berkepanjangan bisa meningkatkan hormon kortisol. Dalam jangka panjang hormon kortisol ini bisa menurunkan sistem imun.
Hindari rokok dan alkohol. Paparan asap rokok dan alkohol secara berlebih dapat merusak sistem imun.Rutin berolahraga. Direkomendasikan untuk berolahraga 30 menit setiap hari, seperti berjalan kaki.


5. Olaraga

cegah virus corona

 

Ya meskipun ppkm kita sempat kan olaraga di rumah banyak loh olaraga yang bisa kalian lakukan di rumah contoh: jogging dekat komplek aja, skipping, pushup dll. Banyak loh olaraga biar immune kalian tambah kuat dan kalian tambah bugar. LAHRAGA merupakan salah satu aktivitas fisik yang harus dilakukan pada masa pandemi covid-19. Masyarakat harus tetap aktif meski bekerja dan belajar dari rumah. Social distancing dan work from home (WFH) cenderung membuat

seseorang memiliki gaya hidup kurang gerak, studi menunjukkan bahwa gaya hidup kurang gerak dapat menurunkan imunitas tubuh sehingga meningkatkan risiko terjadinya infeksi virus (Perhimpunan Dokter Spesialis Keolahragaan, 2020). Aktif berolahraga secara rutin harus tetap dilakukan meskipun “work from home and social distancing” untuk menjaga tubuh tetap bugar dan meningkatkan imunitas. Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga (PDSKO) merekomendasikan tetap aktif latihan fisik selama pandemi covid-19 dengan intensitas sedang.

Untuk info lengkap perumahan syariah silahkan bisa hub hotline kami
– 0812-3000-1704
Atau untuk WA klik

 

cara sederhana mencegah virus corona covid-19 wajib dilakukan,bagaimana cara mencegah covid 19,bagaimana cara mencegah covid-19 di lingkunganmu,bagaimana cara mencegah covid-19 menular pada kita,bagaimana cara mencegah dan menghindari virus corona covid-19,bagaimana cara mencegah infeksi covid 19 menurut who,bagaimana cara mencegah penularan wabah penyakit covid 19,bagaimana cara pencegahan covid-19 oleh penduduk,bagaimana cara untuk mencegah covid-19,cara cara mencegah covid 19,



rumah-2-lantai


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *