Ini dia, 9 Tips Cara Membeli Rumah Pertama mu

Rumah Halal Nusantara – Anda merasa telah dewasa dan berkeinginan hidup mandiri terpisah dari ayah dan bunda tentu berkeinginan untuk mempunyai rumah pribadi. Demikian juga untuk teman-teman yang baru saja menikah dengan pasangan tercintanya, tentunya akan tak nyaman apabila tinggal bersama ayah dan bunda, sehingga rumah pertama menjadi rumah tinggal impiannya. Membeli rumah sesuai mimpi bersama pasangan adalah suatu keputusan besar. Teman-teman juga perlu memastikan situasi finansial Anda untuk hidup sehari-hari agar tak terganggu saat membeli rumah ataupun setelahnya.

Berikut 9 kiat dan tips-tips membeli rumah pertama

1. Pikirkan Rencana Jangka Panjang Anda

Apa tujuan Anda membeli rumah? Apakah benar-benar sebagai rumah tinggal Anda? Jangan hanya sekadar membeli rumah namun kemudian tak Anda tempati, terlebih jikalau Anda membelinya dengan metode mengkredit atau mengangsur. Utamakan rumah sebagai rumah tinggal sudah aman dalam genggaman Anda, bukan sekadar membeli dikarenakan harganya yang murah namun letaknya yang terlalu jauh membikin Anda tidak mau tinggal di sana dan memilih untuk sewa apartemen atau kontrak rumah di pusat kota. Hal ini bisa saja Anda lakukan sekiranya rumah yang Anda beli sudah lunas dan hendak menjadikannya investasi. Hindari untuk memberatkan finsansial Anda dengan mengangsur rumah sembari membayar uang sewa untuk apartemen atau kontrakan.

2. Pilih Tipe Rumah yang Cocok dengan Keperluan Anda

Tentukan luas bangunan yang Anda butuhkan, serta berapa jumlah kamar dan ruang lainnya yang Anda perlukan. Apakah Anda lebih menyukai dengan rumah bergaya modern atau tradisional? Apakah Anda berkeinginan tinggal di perumahan dengan tampilan rumah yang seragam atau membeli rumah yang kelak bisa Anda ubah sesuka hati Anda? Dengan memikirkan hal ini akan menolong Anda untuk tak gegabah dengan sembarang membeli rumah. Ingatlah membeli rumah adalah pembelian terbesar dalam hidup Anda. Perinci dengan mendetail rumah seperti apa yang Anda butuhkan.

3. Mendatangi Pameran Properti

Rajin-rajinlah mendatangi pameran properti dan rumah yang diadakan. Anda dapat dengan leluasa memilih bermacam-macam alternatif rumah yang cocok dengan kriteria anda. Dengan memperhatikan bermacam-macam alternatif, Anda dapat mengkalkulasi kekurangan dan kelebihan rumah-rumah yang sudah menarik perhatian Anda. Anda juga dapat bertanya-tanya segera dan menerima info lebih lengkap mengenai rumah yang sedang Anda cari.

Perumahan Syariah dengan Lingkungan islami & dekat Kajian Sunnah TESTIMONI ADREENA VILLAGE

4. Konsultasikan dengan Konsultan Properti Kepercayaan anda

Apabila banyak hal yang memang Anda kurang pahami mengenai pembelian rumah, Anda dapat berkonsultasi dengan agen properti. Konsultan properti anda akan menolong Anda mencari rumah yang cocok dengan keperluan Anda dan cocok dengan kantong finansial Anda. Agen juga akan menolong Anda dalam pelaksanaannya seperti perundingan dengan pemilik rumah, menerima pinjaman sampai dengan kebutuhan dokumen yang dibutuhkan. Apabila Anda membeli rumah dari developer, periksa rekam jejak pengembang nya. Cari tahu lewat online adakah komplain yang cukup parah dari para pembelinya.

Nah anda bisa berkonsultasi dgn kami : Konsultan Property Syariah – Rumah Halal Nusantara

5. Menetapkan Sistem Pembayaran

Sistem pembayaran yang ditawarkan pengembang properti umumnya tunai keras, tunai lunak/bertahap dan Kredit Pemilikan Rumah (KPR). Sesuaikan sistem pembayaran dengan kekuatan beli Anda. Sekiranya dana Anda cukup untuk membeli tunai keras ada bagusnya pilih sistem pembayaran ini, sebab tentunya banyak keuntungannya, Anda tak perlu memikirkan besaran angsuran cicilan di kemudian hari sehingga uang Anda dapat digunakan untuk kebutuhan lainnya tanpa mengalokasikannya untuk angsuran kredit rumah. Untuk Anda yang belum punya uang tunai dalam jumlah besar, dapat memilih KPR/Cicilan (Silahkan pilih Angsuran Tanpa RIBA) – biar tidak terkena DOSA RIBA

6. Keadaan kondisi Bangunan Rumah

Periksa kwalitas dan keadaan keseluruhan calon rumah baru Anda. Hindari Anda menemukan kerusakan serius yang ditutupi oleh penjual rumah. Seandainya ditemukan hal yang demikian, Anda perlu berunding dengan pemilik rumah, apakah akan memperoleh potongan harga, atau penjual bersedia mengerjakan perbaikan, atau malah Anda mempunyai hak membatalkan pembelian.

7. Lingkungan Sekitar Rumah

Apabila Anda merupakan pasangan yang baru menikah atau keluarga muda, mengamati keadaan dan situasi lingkungan menjadi hal yang cukup penting. Apakah lingkungan daerah tempat tinggal Anda cukup kondusif untuk tempat tinggal tumbuh kembang calon buah hati Anda. Perkembangan buah hati di sini bukan cuma jasmani melainkan juga faktor  psikis. Pertimbangkan untuk memilih lingkungan yang asri serta banyak pohon-pohon.

Perbedaan Adreena Village dengan Perumahan Syariah pada umumnya

8. Siapkan Dana Darurat untuk Rumah Anda

Dengan mempunyai rumah baru dapat saja akan ada biaya besar yang tidak terduga, seperti Anda berkeinginan memasang pemanas air, pendingin ruangan, dan pembelian furnitur baru atau dana lain yang belum terhitung sebelumnya. Belum lagi untuk perawatan yang tentunya dapat memakan biaya yang lumayan. Jadi, mulailah siapakan dana darurat jauh sebelum Anda mengeluarkan uang untuk membeli rumah.

9. Lokasi

Rumah berharga murah lazimnya berlokasi jauh dari sentra kota. Apabila Anda tetap berkeinginan membelinya, amati apakah jalan masuk/akses dari rumah Anda menuju jalan utama cukup dekat? Amati juga apakah letak rumah Anda dekat dengan pertokoan, sentra perbelanjaan, rumah sakit, sekolah, dan lainnya. Seandainya lokasi yang Anda pilih jauh dari daerah Anda bekerja, pikirkan juga berapa ongkos yang mesti Anda keluarkan berserta kelelahan yang Anda temukan. Ingatlah bahwa membeli rumah sebagai rumah tinggal berarti rumah ini akan Anda tempati untuk rentang waktu yang lama, jadi jangan sampai menyesal di kemudian hari.

sumber artikel : majalah asri

Anda berminat untuk investasi properti ? 

– Silahkan bisa melihat beberapa produk rumah dijual unggulan kami : https://rumahhalalnusantara.com/list-produk-rhn-2020/

Mau Langsung diskusi dgn Customer Service Terbaik kami? silahkan bisa hub CS kami
– Ibu Lilik : 0896-1732-219
– Ibu Astri : 0896-1732-239
atau WA klik saja https://nanya.online/cs-jrms-rhn

banner jual rumah syariah

rumah di jual
kredit rumah
kpr syariah
investasi properti
investasi

rumah-2-lantai


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *