Jangan Ngomel Dulu, Ternyata Begini Caranya Bikin Anak Rajin Bersih-bersih Rumah Tanpa Harus Disuruh

Rumah Halal Nusantara – Salah satu cara menghabiskan waktu selama di rumah adalah dengan mengadakan kegiatan bersih-bersih rumah bersama keluarga. Selain menjadi quality time, juga dapat menjadi salah satu upaya pencegahan COVID-19 di lingkungan sekitar.

Rumah yang bersih dan rapi tentunya nyaman dan sehat untuk dihuni. Namun, jika Anda memiliki anak kecil yang sedang aktif-aktifnya saat masa pertumbuhan, kerapian rumah terkadang menjadi sebuah isu. 

Pasalnya, tak jarang anak-anak suka meletakkan barang sembarangan atau membuat kotor sehingga ruangan menjadi berantakan. Oleh karena itu, penting bagi orang tua untuk melibatkan anak dalam proses bersih-bersih rumah sejak dini. 

Jika anak tidak dibiasakan merapikan rumah sejak kecil, kebiasaan jorok akan dibawanya sampai besar. Dia pun akan tumbuh menjadi individu yang menganggap lumrah hunian yang berantakan dan kotor. 

Nah, bagi orang tua yang anaknya kerap malas saat diajak bersih-bersih, bisa mencoba beberapa tips seru berikut agar ia mau ikut bersih-bersih rumah. berikut beberapa tips seru ajak anak agar mau bersih-bersih rumah.

1. Kalahkan Waktu

Jangan Ngomel Dulu, Ternyata Begini Caranya Bikin Anak Rajin Bersih-bersih Rumah Tanpa Harus Disuruh

Atur timer dan tantang anak Anda untuk menyelesaikan tugas sebelum bel berdering. Misalnya, tantang mereka untuk mengumpulkan 10 buku dalam waktu 1 menit atau simpan cucian mereka ke lemari dalam waktu 5 menit.

2. Dorong Kompetisi Ramah

Punya lebih dari dua anak dan lantai rumah yang penuh mainan? Berikan mereka masing-masing ember kosong dan timer lalu lihat siapa yang bisa mengumpulkan lebih banyak mainan. Jadikan kompetisi karena anak-anak sangat senang akan hal tersebut.

3. Tetapkan Hadiah yang Jelas

Jangan Ngomel Dulu, Ternyata Begini Caranya Bikin Anak Rajin Bersih-bersih Rumah Tanpa Harus Disuruh

Biarkan anak Anda tahu persis apa yang mereka dapatkan setelah selesai membersihkan rumah, contohnya seperti berlibur ke suatu tempat, makanan yang enak, atau belanja mainan baru.

4. Jadikan Mainan Petak Umpet

Jangan Ngomel Dulu, Ternyata Begini Caranya Bikin Anak Rajin Bersih-bersih Rumah Tanpa Harus Disuruh

Sembunyikan sejumlah barang di beberapa tempat seperti uang, mainan, dan sebagainya. Beri tahu mereka ada beberapa banyak kejutan atau harta yang dapat ditemukan sambil membersihkan rumah dengan benar.

5. Pasang Musik

Jangan Ngomel Dulu, Ternyata Begini Caranya Bikin Anak Rajin Bersih-bersih Rumah Tanpa Harus Disuruh

Putarlah musik kesukaan anak Anda dengan volume yang tinggi sehingga anak Anda bisa bersih-bersih sambil bersenang-senang. Mungkin, Ada juga bisa membiarkan anak Anda mendengarkan musik melalui iPod atau iPhone dengan menggunakan headset yang terhubung ke telinga.

Beberapa hal yang perlu Anda perhatikan

Melatih anak untuk melakukan pekerjaan rumah tangga bisa meringankan pekerjaan Anda. Namun, Anda tetap harus mengawasi anak dalam mengerjakannya atau bagaimana hasilnya. Selain itu, beri tahu anak hal-hal yang sebaiknya dilakukan dan tidak dilakukan. Misalnya, berhati-hati saat mengepel karena berisiko jatuh terpeleset atau tidak bercanda saat mencuci piring karena bisa pecah dan melukai orang sekitar.

Selain itu, Anda juga harus memberikan pekerjaan atau tugas yang sesuai dengan usianya. Misalnya, mengajarkan anak usia 3-4 tahun untuk lebih dulu terbiasa membereskan mainan di kamarnya. Sementara untuk anak usia 8 tahun ke atas mungkin sudah bisa diberi tugas untuk membantu Anda memasak di dapur.

Alangkah baiknya, jika Anda diskusi terlebih dahulu dengan anggota keluarga yang lain. Anak bisa memilih pekerjaan rumah yang disukai dan dikuasainya. Jangan lupa untuk memberi pujian ketika anak dapat menyelesaikan pekerjaan rumahnya dengan baik.

Satu hal penting lagi yang perlu kita pahami adalah soal usia dan jenis pekerjaan yang dilakukan di rumah. Pastikan juga keamanannya. Jangan sampai kita malah terlalu membebani anak dan membuatnya tertekan karena diminta mengerjakan sesuatu di luar batas kemampuannya.

Semoga info di atas bermanfaat untuk Moms sekalian!

bagaimana agar anak mau membersihkan rumah baru, bagaimana agar anak mau membersihkan rumah kotor, bagaimana agar anak mau membersihkan rumah sebelum tidur, cara agar anak mau membersihkan rumah dalam islam, cara agar anak mau membersihkan rumah dengan cepat, cara agar anak mau membersihkan rumah gampang, cara agar anak mau membersihkan rumah sebelum tidur, cara agar anak mau membersihkan rumah secara alami, cara agar anak mau membersihkan rumah sendiri, cara agar anak mau membersihkan rumah setiap hari,

Untuk info lengkap perumahan syariah silahkan bisa hub hotline kami

0812-3000-1704

Atau untuk WA klik :



rumah-2-lantai


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.