Mau Liburan? Yuk, Pastikan Keamanan Rumahmu Sebelum Ditinggal

Rumah Halal Nusantara – Mau liburan? Saat akhir tahun sudah semakin dekat, pastinya banyak orang yang sibuk mempersiapkan untuk liburan akhir tahun. Ada yang merencanakan pulang kampung, ada yang mau pergi ketempat wisata bersama keluarga. Nah, untuk kamu yang liburan diluar, pastikan keamanan dalam perjalanan, juga keamanan dirumah yaa. Apa aja sih yang perlu disiapkan ketika meninggalkan rumah? Yuk, simak tips berikut dan jangan sampai ada yang tertinggal.

1. Cabut Aliran Listrik dan Gas yang Tidak Perlu

Wisata Akhir Tahun Bersama Keluarga di Cikarang

Aliran gas dan listrik juga salah satu pemicu dari rawannya kebakaran rumah saat rumah ditinggal liburan atau mudik. Sebelum, hendak meninggalkan rumah sebaiknya aliran listrik alat-alat elektronik, seperti: komputer, televisi, radio, pompa air, dispenser, AC dan alat elektronik lainnya yang dapat menimbulkan korsleting yang menjadi salah satu pemicu kebakaran dapat dimatikan. Jika pergi cukup lama, misalnya: 2 minggu, sebaiknya kosongkan isi lemari es, kemudian matikan aliran listriknya. Selain itu, cabut juga regulator tabung gas, karena meskipun tidak dipakai gas akan tetap mengalir ke selang regulator yang terpasang pada tabung.­­­­­

Tips: sebelum meninggalkan rumah, tidak ada salahnya untuk cek kembali satu persatu secara menyeluruh. Tujuannya agar tidak ada yang terlewatkan. Dengan begitu liburan akan terasa nyaman tanpa harus khawatir soal listrik, tabung gas dan sebagainya.

2. Pastikan Semua Pintu, Jendela dan Pagar Tertutup Rapat dan Terkunci

Tips sebelum meninggalkan rumah

Sebelum berangkat liburan, cek kembali kondisi rumah, apakah sudah aman untuk ditinggalkan atau belum. Periksalah semua bagian rumah, terutama akses masuk rumah, seperti: pintu, jendela dan pagar. Pastikan semuanya sudah tertutup rapat dan terkunci dengan baik. Selain itu, untuk menambah keamanan rumah anda dapat menggunakan gembok yang dapat berbunyi, seperti: gembok alarm anti-maling. Gembok tersebut akan mengeluarkan bunyi nyaring saat dibuka secara paksa, sehingga jika ada yang membobol rumah secara paksa, maka bunyi gembok alarm akan menarik perhatian tetangga sekitar dan membuat pencuri yang berusaha masuk ke rumah takut.

Tips: demi keamanan rumah dan kenyamanan Anda saat liburan, maka lakukanlah yang terbaik. Anda bisa mencari produk keamanan yang tepat di beberapa toko di sekitar rumah.

 

3. Simpan Barang-barang yang Berharga di Tempat Aman

Tips sebelum meninggalkan rumah

Amankan barang-barang yang berharga di tempat yang sulit dijangkau atau tempat yang tidak menjadi tempat penyimpanan benda berharga yang semestinya. Misalnya saja, menyimpan perhiasan di sela-sela baju, kemudianlemari tersebut dikunci. Dengan begitu, tidak ada orang satupun yang mengira. Jika memiliki hewan peliharaan yang sangat berharga, sebaiknya titipkan ke tempat yang sudah terpercaya.

Tips: simpan barang berharga yang dimiliki di tempat yang tak terduga. Usahakan hanya Anda yang mengetahui tempat penyimpanan tersebut. Jika ingin menitipkan hewan peliharaan, sebaiknya hubungi tempat penitipan dari jauh-jauh hari agar terhindar dari kuota penitipan hewan penuh.

 

4. Pasang CCTV yang Dapat Dipantau Melalui Internet

Tips sebelum meninggalkan rumah

Penggunaan CCTV sangat membantu dalam memantau keadaan rumah apabila saat ditinggal liburan.  Sebaiknya pasang kamera pengintai atau CCTV di beberapa sudut rumah, seperti: pagar depan dan belakang rumah yang biasanya menjadi akses untuk masuk ke rumah Anda. Dengan adanya CCTV, dapat dengan mudah mengawasi rumah dari jauh dengan cara menghubungkan CCTV dengan smartphone. Meskipun tidak terkoneksi langsung dengan internet, maka setidaknya hal-hal yang tidak diinginkan akan terekam dan tersimpan dalam memori CCTV.

Tips: Jika ingin memasang CCTV, tanyakan terlebih dahulu kepada orang yang sudah berpengalaman memakai CCTV. Dengan begitu, ada beberapa hal yang menjadi bahan pertimbangan mulai dari tempat penyedia terpercaya, kualitas produk hingga harga yang terjangkau.

 

5. Lapor RT, RW dan Satpam Setempat

Tips sebelum meninggalkan rumah

Terakhir, beritahu kepada Ketua RT atau RW dan satpam sekitar lingkungan perumahan bahwa anda sekeluarga akan liburan dan meninggalkan rumah dalam keadaan kosong. Setidaknya RT, RW dan satpam di lingkungan perumahan dapat membantu mengawasi rumah Anda. Sehingga jika ada sesuatu yang janggal atau ada orang yang mencurigakan berada di sekitar rumah Anda, mereka dapat segera bertindak.

Tips: jangan sungkan meminta tolong kepada RT, RW atau satpam. Jika saat meminta tolong dengan baik dan sopan, maka mereka akan menerima pertolongan Anda dengan baik juga. Tidak ada salahnya, bawa beberapa buah tangan sebagai bentuk terima kasih kepada meraka sepulang dari kampung halaman.

Nah, itu tadi tips sebelum meninggalkan rumahmu yaaa. Pastikan rumahmu dalam kondisi aman, supaya ketika mudik atau liburan kamu merasa nyaman.

libur awal tahun, liburan awal tahun 2022, liburan tahun baru, liburan tahun baru 2021, tips aman meninggalkan rumah saat mudik, tips berkemas untuk liburan, tips liburan akhir tahun, tips liburan aman, tips liburan aman akhir tahun 2021, tips liburan awal tahun, tips persiapan liburan keluarga, tips tentang liburan,

Untuk info lengkap perumahan syariah silahkan bisa hub hotline kami

– 0812-3000-1704

Atau untuk WA klik :



rumah-2-lantai


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.