Sidoarjo Kota Delta

SIDOARJO KOTA DELTA

Kabupaten Sidoarjo merupakan kabupaten yang paling dekat dengan Surabaya dan adalah penyangga utama Kota Pahlawan ini. Sidoarjo berbatasan dengan Kota Surabaya dan Kabupaten Gresik di utara, selat Madura di timur, kabupaten Pasuruan di selatan dan kabupaten Mojokerto di barat.

Secara Geografis, Sidoarjo berlokasi di tempat dataran rendah dan berada di antara dua aliran sungai besar, yaitu Kali Mas dan Kali Porong, keduanya merupakan pecahan dari kali Brantas. Oleh karena itu, Sidoarjo diketahui dengan sebutan Kota Delta.

Mayoritas masyarakat Sidoarjo bekerja di bidang perikanan, industri dan jasa. Dekatnya wilayah Sidoarjo dengan Selat Madura, membikin daerah ini kaya akan produk lautnya, seperti ikan, udang dan kepiting. Oleh karena itulah, logo kabupaten ini yakni Udang dan Bandeng, yang juga adalah komoditi utama dari kota ini. Hasil dari komoditi utama tadi, Sidoajo mempunyai braneka produk favorit yang senantiasa di cari oleh pengunjung, seperti Petis, Terasi, aneka jenis krupuk dan Bandeng Asap.

Sektor industri yang ada di Sidoarjo lebih banyaknya akan berkembang cukup cepat sebab lokasi Sidoarjo yang berdekatan dengan sebagian tempat berair, seperti: pusat bisnis kawasan Indonesia Timur (Surabaya), Pelabuhan Laut Tanjung Perak maupun Bandar Udara Juanda. Ditambah lagi, sektor industri kecil juga berkembang cukup bagus, diantaranya pusat industri kerajinan tas dan koper di Tanggulangin, pusat industri sandal dan sepatu di Wedoro – Waru dan Tebel – Gedangan, pusat industri krupuk di Telasih – Tulangan.

Dalam sejarahnya, kawasan Sidoarjo pada jaman dulu diketahui sebagai pusat kerajaan Janggala. Kawasan Sidoarjo pada jaman kolonialisme Hindia Belanda sidokare dengan nama Sidokare, yang merupakan komponen dari kabupaten Surabaya. Lalu pada 1859, menurut Keputusan Pemerintah Hindia Belanda, tempat Kabupaten Surabaya dibagi menjadi dua komponen adalah Kabupaten Surabaya dan Kabupaten Sidokari. Nama Kabupaten Sidokare dianggap memiliki konotasi kurang bagus sehingga diubah menjadi Kabupaten Sidoarjo.


KERAJINAN KULIT

Sidoarjo memiliki tamasya belanja yang akhir-akhir ini sedang populer di kalangan masyarakat, yakni pusat Industri Kecil Menengah (IKM) Tanggulangin. Hal yang demikian rupanya dari capaian IKM Tanggulangin yang meraih pemenang II sebagai daerah Tamasya Belanja Populer di Indonesia, dalam kancah Anugerah Pesona Indonesia tahun 2017 yang diselenggarakan oleh Kementrian Pariwisata. IKM Tanggulangin mendapatkan angka sebesar 20,4% dari segala perolehan angka yang masuk, menumbangkan Pasar Beringharjo – Yogyakarta (10,0%), Pasar Ateh – Kota Bukittinggi (5,6%), Pasar Tanah Abang – Kota Jakarta {Sentra|Pusat} (2,1%).


OTAK-OTAK BANDENG KHAS SIDOARJO

Kota Sidoarjo dikenal sebagai kota penghasil ikan dan udang terutama ikan bandeng. Ikon kota Sidoarjo bahkan berbentuk ikan Bandeng dan Udang. Ikan bandeng yang ada di Sidoarjo malahan rasanya berbeda dengan bandeng-bandeng produksi kota lainnya, sebab dagingnya lebih gurih. Makanan dengan bahan dasar bandeng yang familiar dari Sidoarjo yakni bandeng asap. Bandeng yang dimatangkan dengan metode diasapi selama beberapa jam. Tapi, selain bandeng asap ada lagi makanan khas Sidoarjo yang berbahan dasar bandeng lainnya, diantaranya yakni bandeng presto dan otak-otak bandeng.

Lalu apa sih perbedaan antara bandeng presto dan otak-otak bandeng itu?? Bandeng presto ialah makanan olahan dari bandeng yang semua daging dan durinya dilunakkan dengan panci presto yang sudah dibumbui terlebih dulu. Padahal otak-otak bandeng adalah  makanan olahan dari bandeng yang daging dan durinya dipisahkan dan dilepas dari kulitnya. Sesudah duri terlepas seluruhnya, daging dihaluskan bersama bumbu-bumbu yang sudah dipersiapkan.

Kemudian sesudah tercampur, daging dan bumbunya di masukkan kembali ke dalam kulit bandeng lalu di bungkus daun pisang dan dikukus selama beberapa menit. Sesudah matang, bandeng kukus siap dipersembahkan. Kalau mau yang lebih gurih dan kering, Otak-otak bandeng tersebut dapat digoreng dengan di lumuri telor lebih dulu. Maka jadilah olahan otak-otak bandeng yang Mantap untuk disantap dengan nasi dan sambel!!


MASJID AGUNG SIDOARJO

Mesjid Agung Sidoarjo yaitu Mesjid terbesar di kabupaten Sidoarjo. Berlokasi di Jalan Sultan Agung , di seberang pintu masuk Alun alun Sidoarjo , di samping gedung pemerintahan daerah dan kantor polisi . Mesjid ini, memiliki tiga lantai dan sebagian pilar besar dengan lantai yang terbuat dari marmer.

Mesjid Agung Sidoarjo bagaikan rumah bagi mereka yang berkeinginan singgah dan memuliakan Allah Subhanahu wa ta’ala. Baik di pelataran dan di dalam mesjid memiliki suasana yang teduh dan semilir, sehingga membikin nyaman para jemaat yang sedang shalat atau pengunjung yang hanya sekedar melepas penat sebelum kembali beraktifitas.

Dari prasasti batu marmer yang berada Tugu di halaman Mesjid, pembangunan mesjid Agung Sidoarjo di mulai pada hari Jumat Kliwon 26 Suro 1313 Hijriyah atau 1825 tahun Jawa atau 19 Juli tahun 1895 . Pendirian Mesjid Agung Sidoarjo ini bermula dari inisiatif bupati Sidoaarjo R. Adipati Pandji Tjondronegoro yang menjabat mulai tahun 1882 hingga 1905 .

Di areal belakang Mesjid Agung Sidoarjo juga terdapat komplek makam keluarga Tjondronegoro, termasuk dimakamkan di sana pendiri mesjid yang disebutkan dalam prasasti. Beraneka aktivitas pernah diadakan agar konsisten meramaikan suasana di Mesjid Agung Sidoarjo ini. Seperti nikah massal , pasar rakyat serta beraneka aktivitas yang berguna lainya.


 

Proyek Properti Syariah di Sidoarjo

PROMO DP 24 KALI CICILAN, PROSES MUDAH & KONSEP LINGKUNGAN ISLAMI PERTAMA DI SIDOARJO😍⁣
.⁣
PROMO TERBATAS, HANYA 5 UNIT!🔥⁣
Dp dapat dicicil 24 kali menjadi peluang terbaik untuk miliki unit rumah idaman ⁣
.⁣
🤦🏻‍♂️Perjalanan Anda untuk mempunyai hunian idaman penuh tantangan & belum kunjung di ACC juga?😭⁣
.⁣
👨‍👨‍👦‍👦Hunian Islami Sidoarjo Mulia Village Juanda hadir dengan konsep pembayaran yang penuh kebarokahan untuk keluarga tercinta Anda⁣
.⁣
– Tanpa Bunga⁣
– Tanpa Denda⁣
– Tanpa Sita⁣
– Tanpa BI Checking⁣
– Tanpa Asuransi⁣
– Tanpa Akad Bathil⁣
.⁣
Eits, di hunian islami Mulia Village Juanda (MVJ) progres gampang tanpa BI Checking.⁣

Anda berminat untuk investasi properti ? 

– Silahkan bisa melihat beberapa produk rumah dijual unggulan kami : https://rumahhalalnusantara.com/list-produk-rhn-2020/

Mau Langsung diskusi dgn Customer Service Terbaik kami? silahkan bisa hub CS kami
– Ibu Lilik : 0896-1732-219
– Ibu Astri : 0896-1732-239
atau WA klik saja https://nanya.online/cs-jrms-rhn

atau buka website project kami https://rumahhalalnusantara.com/mvj-investor

banner jual rumah syariah

rumah di jual
kredit rumah
kpr syariah
investasi properti
investasi

rumah-2-lantai


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *