Mengenal Konsep dari Properti Syariah

Properti Syariah mempunyai trend masa kini, dapat Anda manfaatkan untuk mewujudkan impian punya rumah sendiri. Pahami keuntungannya dan kelebihannya.

RumahhalalnusataraGaya hidup syariah menjadi trend lebih berkembang telah membuat pebisnis properti menghadirkan berbagai ragam pilihan property, Salah satunya yaitu property syariah untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Untuk KPR atau “Kredit Pemilik Rumah” dari bank manapun dikit demi sedikit ditinggalkan demi menghilangkan karena alasan riba dan menjadikan lebih amanah.

Hunian syariah membuat masyarakat, khususnya umat muslim jauh lebih merasa nyaman dan lingkungan yang nyaman hal palin utama masyarakat muslim bias menghindari riba dan lebih bias bertaqwa dikarenakan property syariah ini kebanyaka untuk kalangan umat muslim. Selain dikenal tanpa riba, hunian syariah membawa keuntungan yang lain yaitu memiliki nominal cicilan yang tak berubah dan dijamin amanah.

Ada beberapa artikel ini membahas mengenai hunian syariah dan informasi lainnya atau tips tips yang menarik sebagai berikut :

  1. Mengetahui Properti Syariah
  2. Konsep Properti Syariah yang Minimalis
  3. Properti Syariah Tanpa Sita dan Tanpa Riba Menjadikan Amanah
  4. Tidak Menggunakan Jasa Asuransi Kepada Hunian Syariah
  5. Akad Jual Beli Properti Syariah

Mengetahui Properti Syariah

          Banyak masyarakat yang menganggap bahwa rumah syariah hanya diperuntukkan bagi umat muslim. Sedangka hunian syariah dapat dimiliki seluruh umat beragama. Jadi, jangan menyalah artikan dengan istilah properti syariah dengan konsep perumahan bagi penganut Agama Islam.

Secara umum properti syariah  lebih di kenal  jenis properti yang system transaksiknya dijalankan sesuai dengan aturan atau syariah  islam. Rumah adalah  salah satu bagian dari properti. Jadi KPR Syariah merupakan bagian dari Properti Syariah. secara umum arti Properti Syariah adalah Properti yang memiliki konsep dan lingkungan yang islami serta transaksi kepemilikannya sesuai aturan islam (Syariah), dan kepemilikan hunian dengan menggunakan akad-akad yang sesuai dengan syariah islam.

Konsep Properti Syariah yang Minimalis

          Berbeda dengan  properti konvensional, Anda dapat mengenali konsep hunian syariah dari ciri khasnya, Kaum milenial menganggap perumahan syariah merupakan konsep perumahan yang memiliki kelebihan terutama untuk bunga yang cenderung lebih kecil daripada perumahan konvensional. Adapun alasan milenial memilih konsep perumahan syariah untuk menghindari riba.

Selain dikenal tanpa riba, perumahan syariah juga membawa keuntungan lain, yakni nominal cicilan yang tidak berubah.

Properti Syariah Tanpa Sita dan Tanpa Riba Menjadikan Amanah

         Di sisi lain, jika pembeli properti syariah nantinya mengalami masalah finansial hingga tidak bisa melunasi perjanjian, maka lembaga keuangan atau  pengembang dilarang untuk melakukan  penyitaan, melainkan harus bahu membahu menjualkan huniannya. Lalu setelah terjual, keduanya bisa membagi hasil untuk pembayaran pelunasan perjanjian.

Dan Berbeda dengan istilah kredit dalam  konsep konvensional, transaksi properti syariah tidak mengenakan bunga, denda, apalagi hingga penyitaan. Lembaga keuangan yang bersifat syariah dilarang untuk mendapatkan keuntungan dari transaksi riba yang memang bertentangan dengan atauran atau syariat islam

Tidak Menggunakan Jasa Asuransi Kepada Hunian Syariah

Hal yang membedakan pembelian rumah syariah dengan properti konvensional yaitu rumah yang dibeli secara syariah tidak akan diasuransikan. Hal ini berhubungan dengan unsur ketidakpastian yang ditawarkan lembaga asuransi yang tidak sepaham dengan syariat Islam.

Pada syariat Islam, asuransi mengandung unsur judi atau berbunga, di mana pihak asuransi berkesempatan mendapatkan untung jika Anda tidak mengajukan klaim apapun.

 

Namun di sisi lain, lembaga asuransi bisa mengalami rugi besar jika Anda mengalami musibah dan pihak asuransi harus membayarkan biaya pertanggungan yang menjadi hak pembeli.

Akad Jual Beli Properti Syariah

          Agama Islam  membolehkan siapa pun untuk secara bebas menukar atau jual beli barang dan jasa.  Dan merupakan hal yang sangat dilarang dalam Islam bagi siapa pun mengambil barang milik orang lain dengan cara yang tidak adil atau batil. 

Topik keadilan dan  kepatutan  menjadi hal  yang sangat  penting dan banyak dibahas khususnya dalam perkara pertukaran dan jual beli barang maupun jasa.  Cara-cara yang batil dalam  pertukaran yang dilarang dalam Islam dapat berupa tindakan-tindakan di bawah ini: 

  • Perjudian
  • Praktik riba
  • Ketidakjelasan dalam persetujuan yang dapat dimanfaatkan oleh salah satu pihak
  • Penipuan
  • Pengukuran yang salah
  • Pencurian
  • Penyuapan

Kitab suci Al-Qur’an menyerukan kepada umat Islam supaya melakukan  pertukaran  melalui jual beli atau yang disebut sebagai tijarah dan disertai dengan kesepakatan bersama yaitu tarad

Untuk info lengkap perumahan syariah silahkan bisa hub hotline kami – 0812-3000-1704 Atau untuk WA klik

melihat konsep ciri – ciri khas properti syariah indonesia,melihat konsep ciri – ciri khas properti syariah islam,melihat konsep ciri – ciri khas properti syariah zakatmenenal property syariah adalah,menenal property syariah estate,enenal property syariah global, kelebihan property syariah islam lengkap,kelebihan property syariah islam modern,kelebihan property syariah islam saat ini,kelebihan property syariah islam secara umum

rumah-2-lantai


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *